0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FITRA Ragukan Dwi Soetjipto Mampu Pimpin Pertamina

Pertamina (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Direktur Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (FITRA) Uchok Sky Khadafi meragukan Dwi Soetjipto mampu memimpin PT Pertamina. Mengingat, BUMN energi itu memiliki tantangan jauh lebih besar ketimbang PT Semen Indonesia, perusahaan semen pelat merah dipimpin Dwi sebelumnya.

Menurut Uchok, utang Pertamina pada tahun lalu mencapai Rp 288,4 triliun. Sedangkan utang Semen Indonesia hanya Rp 8,9 triliun.

“Dwi tidak akan mampu, utang Pertamina saja jauh lebih besar dan dia disitu tidak akan mampu mengelola ini karena utangnya berbeda dengan Semen Indonsia,” ucap Uchok, di Jakarta, Minggu (30/11).

Selain itu, Aset Pertamina mencapai Rp 135,2 triliun. Sedangkan aset Semen Indonesia hanya Rp 18,2 triliun.

“Di Semen Indonesia, Dwi cuma mengelola aset Rp 18,8 triliun, pendapatan pertahun Rp 24,5 triliun. Sedangkan di Pertamina aset Rp 135,2 triliun, pendapatan Rp 639,9 triliun pertahun dan laba bersih Rp 26,6 triliun,” tegasnya.

Melihat itu, Uchok pesimistis Pertamina di bawah kepemimpinan Dwi sulit menjadi pemain global dan mengalahkan Petronas, Malaysia.

“Sekarang saja laba bersih cuma Rp 26,6 triliun atau USD 2,9 juta. Petronas dia sudah mencapai USD 20 miliar. Dwi harus hati hati masalah utang dikelola agar tidak bangkrut.”

Terlepas itu, diakui Uchok, Dwi sukses memimpin Semen Indonesia ekspansi ke luar negeri. [yud]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge