0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Janji Beri Perlindungan Hukum TKI

(Ilustrasi) TKI (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya menjawab permintaan para tenaga kerja Indonesia (TKI) supaya Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) dihapus karena dianggap memberatkan. Menanggapi permintaan para penghasil devisa itu, Jokowi menghapus KTKLN selama ini dianggap membebani para TKI, termasuk memberi perlindungan hokum mereka.

“Kelihatan sulit, tetapi saya hanya mau sampaikan satu saja, masalah-masalah sudah disampaikan semua dan sudah kami catat, terakhir yang ingin saya sampaikan adalah KTKLN dihapus. Udah, KTKLN dihapus,” kata Jokowi menjawab para TKI lewat e-Blusukan dari Gedung Bina Graha, Istana Negara, Jakarta, Minggu (30/11).

Selain menghapus KTKLN, Jokowi juga memberikan perlindungan hukum bagi seluruh TKI legal di luar negeri. Jokowi menjanjikan mulai dari proses rekrutmen di dalam negeri diperbaiki.

“Kalau terlalu banyak permasalahan di sebuah negara lebih baik langsung kita setop ya kita moratorium. Perlindungan terhadap TKI kita yang harus dimulai proses rekrutmen sampai berada di negara-negara di luar kita negara penempatan. Sehingga betul-betul pada posisi yang terlindungi dan juga betul-betul tidak ada masalah yang berat oleh TKI-TKI kita,” kata Jokowi.

Sebelumnya TKI di sejumlah negara seperti Singapura dan Mesir mengeluhkan masalah KTKLN dan perlindungan hukum. Keluhan mereka disampaikan kepada Jokowi lewat teleconference, Minggu (30/11). [gib]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge