0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

AABI Pasang Strategi Hadapi MEA

Asosiasi Aspal Beton Indonesia (AABI) siap menggelar Musyawarah Nasional (Munas) V di Solo Paragon Hotel and Residences, 5 Desember 2014 (Dok. Timlo.net/Setyo)

Solo – Asosiasi Aspal Beton Indonesia (AABI) siap menggelar Musyawarah Nasional (Munas) V di Solo Paragon Hotel and Residences, 5 Desember 2014. Dalam acara itu, selain memilih kepengurusan baru, pihak asosiasi nantinya juga membahas kesiapan pelaku usaha dalam negeri, khususnya jasa konstruksi infrastukrtur dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat (DPP) AABI, Beny, mengatakan agenda Munas adalah salah satu forum tertinggi organisasi, acara ini menentukan kepengurusan baru.

“Munas besok selain memilih struktur kepengurusan baru, juga akan merubah AD/ART organisasi. Mengingat perlunya ada penyesuaian dengan situasi dan kondisi organisasi saat ini,” ujarnya kepada wartawan, saat ditemui di salah satu restoran di Kota Solo, Sabtu (29/11).

Selain membahas agenda wajib organisasi, Beny juga menyampaikan organisasi berencana membuat dialog dengan narasumber Faisal Basri selaku pakar ekonomi, perwakilan Bappenas serta Kementerian Pekerjaan Umum.

“Harapannya dalam dialog tersebut bisa merumuskan formulasi strategi yang tepat untuk menghadapi MEA. Mengingat Januari tahun depan kompetitor kita akan semakin ketat dengan diberlakukanya pasar bebas,” tambahnya.

Diakui Beny, pelaku usaha kontruksi infrastruktur dalam negeri saat ini bisa dibilang masih sangat lemah menyangkut kesiapan sumber daya manusia (SDM), sementara di beberapa negara Asean relatif sudah siap.

“Cukup berat persaingan ke depan. Kendati demikian kita perlu optimis, salah satunya kami mendorong untuk sertifikasi SDM perlu dipercepat dan diperbanyak agar mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri,” pungkasnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge