0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

UMS dan Solo Manufaktur Kreasi Kembangkan Esemka

MOBIL ESEMKA-Mobil Esemka yang merupakan produk lokal garapan pelajar SMK. Mobil ini digadang-gadang gadang bisa menjadi pioner bagi perkembangan industri otomotif nasional (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Sukoharjo – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan PT Solo Manufaktur Kreasi menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) tentang Penelitian dan pengambangan Mobil ESEMKA, di Kampus UMS, Pabelan, Sukoharjo, Sabtu (29/11). Penandatangan dilakukan oleh Rektor UMS Prof Dr. Bambang Setiaji dengan Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi, Sabar Budi Saronto.

Menurut Bambang, kerjasama di antara Para Pihak meliputi peneliti an dan pengembangan produk atau komponen mobil Esemka, proses manufakturingnya, pengendalian kualitasnya, dan berbagai pengembangan usaha otomotif lainnya. Dengan tujuan, antara lain, pengembangan teknologi dalam bidang otomotif, mendorong pertumbuhan
industri otomotif domestik, yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, memperluas lapangan kerja.

“Termasuk memupuk rasa bangga atas hasil karya dan kreasi putra Indonesia,” jelasnya.

Dalam penjelasannya, Bambang mengatakan masing-masing pihak memiliki peran sesuai kapasitas masing-masing. Diantaranya PT Solo Manufaktur Kreasi memiliki peran menyediakan produk atau komponen mobil yang akan menjadi dasar penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh UMS, bersama UMS bertanggung jawab terhadap pendanaan kegiatan penelitiandan pengembangan yang dilakukan.

“Termasuk menyediakan pr ogram magang bagi para peneliti Pihak Kedua di Indonesia maupun di China dengan pendekatan cost sharing,” jelasnya.

Sedang UMS memiliki peran menggunakan produk atau komponen yang telah disiapkan ol eh PT Solo Manufaktur Kreasi sebagai dasar pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan, melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan produk atau komponen mobil, proses manufakturingnya, standar pengujiannya, dan berbagai bidang
terkait dengan industri otomotif, dan sebagainya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge