0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi Stop Dana Pengerukan Waduk

Jokowi menanam pohon di Desa Tempursari, Sidoharjo, Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Mulai tahun depan pengerukan sedimentasi di sejumlah waduk bakal distop. Sedangkan anggaran untuk pengerukan sedimentasi waduk bakal dialihkan untuk penanaman pohon di bagian hulu. Demikian diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan kunjungan kerja di Desa Tempursari, Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, Sabtu (29/11).

Bahkan Jokowi juga menyoroti sedimentasi Waduk Gajah Mungkur (WGM) yang kondisinya kian memprihatinkan, dalam tiap tahunnya endapan sedimentasi tertampung di WGM sebanyak 60 juta kubik.

“Satu-satunya jalan untuk menanggulangi bahaya sedimentasi waduk adalah penanaman pohon di atas atau bagian hulu waduk, tidak ada jalan lain,” tegas Jokowi.

Dikatakan, terkait penanggulangan sedimentasi waduk, salah satu jalan hanyalah reboisasi di bagian hulu. Dia juga berharap penanaman pohon di bagian hulu bukan hanya di Wonogiri saja melainkan seluruh wilayah Indonesia.

“Kita harus segera menanami bagian hulu, kalau tidak, kapasitas tampungan waduk kita habis,” katanya.

Ditambahkan, pihaknya mulai tahun depan (2015) akan meniadakan anggaran untuk pengerukan sedimentasi waduk. Dia ingin anggaran untuk pengerukan sedimentasi waduk dialihkan untuk penanaman pohon.

“Kalau setiap tahun melakukan pengerukan waduk, itu namanya proyekan,” katanya dengan logat Jawa medok.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge