0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Seberapa Seringkah Kita Harus Olahraga Untuk Turunkan Berat Badan?

Olahraga bersama. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Para peserta acara reality show The Biggest Loser menghabiskan waktu berjam-jam sehari di tempat fitness dengan satu tujuan untuk mengurangi berat badan. Semakin banyak yang mereka kurangi, semakin besar peluang mereka untuk menang. Tapi bisakah hal ini diterapkan di dunia nyata? Seberapa seringkah kita harus berolahraga untuk menurunkan berat badan dengan cepat? Menurut Michelle Bridges, seorang pelatih untuk versi Australia dari acara reality show itu dan penulis buku TotalBody Transformation, jumlah waktu yang kita habiskan untuk berolahraga setiap minggu bisa membuka kunci kesuksesan untuk menurunkan berat badan lebih dari sekedar membakar kalori.

Bridge menyarankan frekuensi olahraga ini kepada para kliennya: enam hari per minggu, idealnya 50 hingga 60 menit setiap hari. Alasannya tidak hanya karena latihan berjam-jam per minggu akan menolong Anda menurunkan berat badan, “Kita berusaha membangun kebiasaan dan ritual,”kata Bridge. “Pikirkan kapan terakhir kali Anda bersusah payah menggosok gigi?” katanya. Dengan kata lain, saat olahraga menjadi bagian dalam hidup Anda, maka Anda mampu melakukannya tanpa susah payah.

Gagasan untuk berolahraga setiap jam hampir setiap hari terdengar melelahkan, tapi Michelle menyakinkan bahwa Anda tidak akan merasa demikian. Dia merekomendasikan untuk memecah jadwal olahraga menjadi tiga kali olahraga berat misalnya interval training, dengan dua kali olahraga sedang dan satu kali olahraga ringan. “Anda tidak harus berlatih seperti atlit Olimpiade setiap hari, tapi hal ini lebih kepada membangun kebiasaan,” kata Bridge. “Saya jamin bahwa seseorang yang memiliki kebiasaan berolahraga enam hari per minggu, bahkan jika mereka melewatkan jadwal latihan beberapa kali, akan lebih konsisten dibandingkan dengan mereka yang berlatih hanya tiga hari per minggu,” tambahnya.

Seperti kita yang sikat gigi secara teratur setiap hari untuk menjaga senyum yang sehat dan putih, kebiasaan olahraga rutin akan menunjukkan hasil yang nyata dari diet kita.

Sumber: Women’s Health.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge