0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Festiival Payung di Balekambang

Endah Laras Pamerkan Lagu Barunya

Biduan Solo Endah Laras saat acara pembukaan Festival Payung 2014, di Taman Balekambang (dok.timlo.net/david)

Solo –  Sinden kondang Endah Laras memamerkan lagu barunya dalam pembukaan Festival Payung Indonesia 2014, di Taman Balekambang, Solo, Jumat (28/11) malam. Sinden asal Kota Bengawan tersebut memberi judul lagunya Payung Nusantara.

“Saya memang sudah lama terinspirasi oleh payung ini, payung merupakan hasil kebudayaan manusia yang tak terpisahkan dari kebudayaan masyarakat Jawa, mulai lahir hingga meninggal,” papar Endah saat ditemui Timlo.net, usai pertunjukan.

Endah mengungkapkan, sejak lahir orang Jawa sudah akrab dengan payung, hal ini dibuktikan dengan upacara mendhem ari-ari saat itu ibu yang usai melahirkan akan menggedong bayinya, sementara ayah akan menggendong ari-ari tersebut sambil memayunginya. Begitu pun saat meninggal orang Jawa memayungi jenazah dan menancapkan payung pada pusara orang itu.

“Ini luar biasa sekali, sehingga saya terinspirasi untuk membuat sebuah lagu tentang payung,” katanya.

Namun dalam lagunya, Endah Laras sama sekali tidak menyentuf nilai filosofi payung, melainkan dirinya menyanyikan tentang keindahan payung itu sendiri.

“Yah kalau dalam lagunya ya tidak berfilosofi to Mas. Namun saya kagum dengan payung yang warna-warni dan penuh pernak-pernik sehingga bisa mewarnai Nusantara kita ini. Lagu saya ini sangat terinspirasi oleh itu,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge