0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Dwi Soetjipto Resmi Jadi Dirut Pertamina, Siapa Dia?

Pertamina punya Dirut baru (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Menteri BUMN Rini Soemarno secara resmi mengangkat Dwi Soetjipto menjadi Direktur Utama PT Pertamina. Dwi dipercaya mengomandoi BUMN Migas tersebut menggantikan Karen Agustiawan yang telah mengundurkan diri sejak 1 Oktober 2014 lalu.

“Memang sore ini pemegang saham, dengan RUPS PT Pertamina telah diputuskan pemberhentian direksi Pertamina, pengangkatan Dwi Soetjipto jadi Direktur Utama Pertamina tahun 2014-2019,” ucap Rini dalam konferensi pers di Kantornya, Jakarta, Jumat (28/11).

Dalam acara ini, hadir langsung Menteri ESDM Sudirman Said beserta Plt Direktur Utama Pertamina Muhammad Husen. Selain itu hadir juga Ketua Komite Reformasi Tata Kelola Minyak dan Gas Bumi Faisal Basri serta pejabat Pertamina lainnya.

Dwi Soetjipto memulai karirnya dengan bergabung di Semen Padang pada 1981 dan menjabat Kepala Departemen Litbang Semen Padang (1990-1995), Direktur Litbang Semen Padang (1995-2003), dan Direktur Utama Semen Padang (2003-2005). Soetjipto juga menjabat sebagai Komisaris Utama PT Igasar (1998-2003). Koordinator Bidang Diklat dari Institut Semen dan Beton Indonesia (2000-sekarang), dan Dirut Semen Indonesia sejak 2013 sampai 2015.

Dwi Soetjipto meraih gelar Doktor Bidang Ekonomi dari UI, Magister Manajemen dari Universitas Andalas, dan Sarjana Teknik Kimia dari ITS. Selain itu Dirut Semen Indonesia ini berlatar belakang Akuntan, sama seperti Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said, dan Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Amien Sunaryadi.

Dwi Soetjipto dalam membangun industri semen nasional telah mengantarkan Indonesia sebagai produsen semen terbesar di kawasan Asia Tenggara, dan saat ini PT Semen Indonesia sudah menjadi pemain global untuk industri semen dan memiliki pabrik sendiri di luar negeri, dengan mengakuisisi sebuah perusahaan semen Thang Long Cement di Vietnam. [idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge