0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Promosi Wisata, Menpar akan Berdayakan Bloger

Biduan Solo Endah Laras saat acara pembukaan Festival Payung 2014, di Taman Balekambang (dok.timlo.net/david)

Solo – Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya akan melakukan peningkatan promosi pariwisata Indonesia di dunia maya dengan memberdayakan komunitas Narablog (Bloger) di seluruh Indonesia. Arief berpendapat, promosi wisata dengan menggunakan internet lebih efektif dan efisien dalam menggaet turis mancanegara.

“Saya pernah berdialog dengan wisatawan dari mancanegara, hasilnya sangat mengejutkan, orang di luar negeri itu mengetahui obyek pariwisata Indonesia melalui situs-situs di internet, ada sekitar 73% orang luar itu tahu Indonesia dari Internet,” ungkap Menpar Arief Yahya seusai membuka Festival Payung Indonesia 2014, di Taman Balekambang, Solo, Jumat (28/11).

Ke depannya, lanjut Menpar, pihaknya akan memberdayakan bloger dengan memberikan sejumlah fasilitas berupa rumah bloger di 20 kota di Indonesia. Rumah Bloger ini akan dikelola oleh sejumlah bloger senior yang akan menjaring bloger-bloger baru untuk dijadikan jurnalis kepariwisataan Indonesia.

“Nanti bloger baru ini akan diasuh oleh bloger-bloger senior. baik tentang kepenulisan postingan, fotografi dan lainnya, sehingga semakin banyak bloger yang menulis tentang konten wisata, semakin diuntungkan Indonesia, karena untuk mengangkat potensi wisata semua daerah di Indonesia membutuhkan dana yang cukup besar, saya pikir cara ini lebih efektif,” ungkapnya kepada media.

Arief menambahkan, Indonesia memiliki modal untuk bisa menjadi salah satu negara tujuan utama wisatawan mancanegara. Kekayaan budaya, dan sumberdaya alam merupakan salah satunya. Hal itu ditambah lagi dengan pergelaran-pergelaran dan industri kreatif seperti fashion, kuliner, dan festival budaya sangat menunjang keberlangsungan industri pariwisata.

“Semua materi wisata di Indonesia termasuk di dalamnya kuliner, fashion, dan lainnya bisa menjadi konten tulisan di bloger, dengan begitu
kepariwisataan Indonesia semakin maju dan akan menyerap tenaga kerja lebih banyak,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge