0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pria di Yogya Banyak Tertular HIV/AIDS, Ini Penyebabnya

(ilustrasi) kampanye pencegahan penularan HIV/AIDS (dok.timlo.net/agung)

Timlo.net — Menjelang peringatan Hari AIDS Sedunia, jumlah penderita HIV/AIDS di Yogya makin mengkhawatirkan. Dari data terakhir, jumlah penderita HIV/AIDS di Yogya naik dibanding tahun 2013 lalu. Jika hingga akhir tahun 2013 lalu tercatat 713 penderita, kini jumlahnya per November telah mencapai 774 penderita.

Sekertaris Kota Yogya Kaswanto menjelaskan, dari 774 kasus, terdiri dari 529 kasus HIV dan 245 kasus AIDS. Adapun mayoritas penderita HIV/AIDS berusia di bawah 30 tahun dan sebagian besar berjenis kelamin laki-laki.

“Sebanyak 60 persen laki-laki. Usia penderita kebanyakan 20-29 tahun. Sebabnya memang bermacam-macam, tapi yang paling sering terkena adalah yang seringnya berganti pasangan hubungan seksual,” terangnya, Jumat (28/11) di Pemkot Yogya.

Data tersebut membuat Pemkot Yogya tengah menyiapkan sejumlah agenda untuk menekan laju penderita HIV/AIDS. Salah satunya dengan memberikan penyadaran secara terbuka pada masyarakat saat peringatan Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember mendatang di sejumlah ruang publik.

“Misalnya di sepanjang Malioboro nanti akan digelar aksi damai long march yang akan melibatkan sekitar 200 orang perwakilan warga, puskesmas, LSM, dan mahasiswa,” tuturnya.

Untuk pencegahan berkelanjutan, pihak Pemkot juga mengimbau pada warga khususnya yang sudah berkeluarga memberikan pengertian pada sanak saudara tentang bahaya AIDS. Sebab, tindakan pencegahan ini bisa digunakan untuk menggiring kesadaran masyarakat atas bahaya AIDS.

“Selain aksi damai tersebut Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu bisa lebih aktif dalan memberikan pengertian. Juga perlu untuk menyadarkan akan tindakan diskriminasi terhadap pengidap HIV/AIDS,” pungkas Kaswanto. [eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge