0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gara-Gara Perbaikan Jalan, Banyak PO Rugi

Takut merugi, banyak bus dikandangkan (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Perbaikan jalan di sekitar wilayah Mangkang, Kemdal, mengakibatkan sejumlah Perusahaan Otobus (PO) merugi. Pasalnya perbaikan jalan tersebut menyebabkan kemacetan hingga berjam-jam..

Pengurus PO Muncul, Suparyoto saat ditemui di kantornya mengatakan karena parahnya kondisi jalan pihaknya terpaksa mengurangi jumlah armada yang akan dioperasikan. Khususnya untuk yang jurusan Solo-Semarang yang melewati Terminal Mangkang.

“Macetnya sangat parah. Padahal seharusnya di wiliyah itu bisa ditempuh dalam waktu 30 menit, saat ini mencapai empat jam. Dampaknya jadwal armada juga terganggu,” ungkapnya kepada wartawan, Jumat (28/11).

Ia menjelaskan, karena kondisi jalan yang tidak memungkinkan, pihaknya mencoba melalui jalan alternatif dengan memindahkan rute lewat Boja tembus Ungaran. Akibatnya, konsumsi solar ikut membengkak karena jalan alternatif yangditempuh lebih jauh.

“Jika melalui jalur alternatif itu jaraknya dibandingkan dengan rute normal kurang lebih selisih 70 kilometer. Sehingga bahan bakar yang digunakan juga ikut membengkak,” keluhnya.

Dampak lain selain borosnya BBM, ia mengaku keterisian penumpang turun hingga 40 persen jika dibandingkan hari normal biasanya. “Tak sedikit para penumpang yang akhirnya pindah ke transportasi lain yang lebih efisien,” pungkasnya.

Kepala Operasional PO Mulyo Indah, Djoni Soen juga merasakan hal yang sama, jika parahnya kemacetan di daerah Mangkang selain menyebabkan biaya operasional membengkak juga  banyak penumpang komplain. “Karena jadwalnya menjadi sangat molor, dan bagi penumpang yang pekerja tak sedikit yang banyak pindah ke moda transportasi kereta api,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge