0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Karanganyar Dukung Penutupan Pasar Jumat

Suasana Pasar Jumat Karanganyar (Dok. Timlo.net/Nanang Rahadian)

Karanganyar – Rencana pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menutup Pasar Jumat didukung DPRD setempat. Namun kalangan dewan menyarankan agar Pemkab mencari alternatif hari lain di luar Jumat untuk menampung aktivitas  para pedagang kaki lima (PKL).

Seperti dikatakan Ketua DPRD Karanganyar, Sumanto, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (28/11). Dirinya berharap Pemkab tetap memikirkan kebutuhan PKL dalam mencari nafkah.

“Kami tak terlalu mempersoalkan penggantian harinya. Kalau memang para PKL tak ingin berjualan Minggu, Pemkab juga tak ingin Hari Jumat, harus dicari hari lain karena ang terpenting para PKL diwadahi. Itu pesan dari kami,” katanya.

Sumanto mengatakan, tak bisa dipungkiri keberadaan PKL Pasar Jumat telah menyemarakkan Bumi Intanpari. Hendaknya eksistensi PKL biasa mangkal di sekitar Alun-alun Karanganyar, kompleks perkantoran Cangakan dan Taman Pancasila Karanganyar tetap diwadahi dan ditata sedemikian rupa, sehingga menarik lebih banyak pengunjung untuk datang dan berbelanja.

“Sah-sah saja Pemkab menarik retribusi, namun harus tetap berpatokan pada aturan yang berlaku,” katanya.

Sebelumnya, Pemkab Karanganyar memberi sinyal siap menutup Pasar Jumat. Pasalnya, keberadaannya dinilai telah mengganggu kinerja pegawai negeri sipil (PNS).

“Kami akan menjadwalkan untuk berembuk bersama dengan PKL pekan depan. Hal itu terkait rencana penataan PKL di Karanganyar,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Kadisperindagkop dan UMKM) Karanganyar, Nur Halimah.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge