0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri Anies Gandeng Masyarakat agar Sekolah Bebas Pungli

Anies Baswedan (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Pendidikan Dasar, Menengah dan Kebudayaan Anies Baswedan, mengumbar janji memberantas pungutan liar (Pungli) di sekolah-sekolah dalam bentuk apapun. Meski demikian, dia juga berharap masyarakat mendukung kebijakan itu dengan cara tidak membuka ruang buat terjadinya kongkalikong.

Hal itu dikatakan Anies selepas melaporkan harta kekayaannya di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta, Jumat (28/11). Menurut praktisi pendidikan itu, sejatinya institusi pendidikan memang harus bebas dari praktik korupsi receh (petty corruption) seperti Pungli.

“Sekolah-sekolah itu memang harus bebas dari Pungli dan sekolah itu sebenarnya sudah ada bantuan untuk itu. Nah sekarang tinggal penertibannya,” katanya.

Meski demikian, Anies mengatakan usaha pemerintah sia-sia tanpa dukungan masyarakat. Dia ingin ada kerjasama antara kedua belah pihak buat memberantas hal itu.

“Saya melihat satu penertiban itu dijalankan pemerintah, tapi dari masyarakat juga dilakukan. Jadi dengan begitu kita bereskan bersama-sama,” ujar dia.

Anies mengatakan berjanji menyiapkan jurus jitu buat memangkas praktik Pungli dalam waktu dekat. Meski demikian, dia menutup rapat rencana dijalankan.

“Ya kita harus bereskan itu. Nanti Insya Allah dalam beberapa minggu ke depan kami akan siapkan bagaimana caranya supaya tidak berulang. Mumpung masih awal. Jadi jangan sesudah kejadian baru dilakukan,” ucap Anies. [eko]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge