0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Warga Purwosari Tolak Pembangunan Underpass

Underpass Makamhaji, Kartasura (Dok.Timlo.net)

Solo – Sejumlah warga Kelurahan Purwosari mendatangi Balaikota Solo untuk menyatakan penolakan atas pembangunan underpass di wilayahnya. Mereka menyampaikan protes kepada Walikota Solo Hadi Rudyatmo dan meminta pemerintah kota tidak melanjutkan rencana itu.

“Pembangunan underpass ini akan mematikan kegiatan usaha yang ada di kanan-kiri bangunan underpass seperti yang terjadi di underpass Makam Haji, kemudian juga terputusnya fasilitas umum seperti kabel optik dan pipa PDAM,” ungkap koordinator aksi, Walid, Jumat (28/11).

Walid mengatakan, pihaknya telah menerima sosialisasi dari PT KAI pada 7 November 2014 lalu, namun warga telah menyatakan ketidaksetujuannya terhadap proyek rencananya mulai dibangun awal Januari 2015 mendatang itu.

Walid menilai, selain mematikan kegiatan ekonomi, pembangunan underpass juga tak mengurangi kemacetan, justru menambah kemacetan di beberapa titik di samping underpass. Selain itu dirinya juga menyampaikan kehawatiran tentang bahaya banjir setiap hujan tiba. Menurutnya kedalaman underpass itu dibangun sangat dekat dengan sungai debit airnya cukup besar, sehingga jika hujan tiba air sungai meluap dan menggenang di dalam underpass.

Sementara itu, Walikota Solo, Hadi Rudyatmo, mengatakan protes warga Purwoasari salah alamat jika ditujukan kepada pemerintah kota. Pasalnya, proyek pembangunan underpass ini dilakukan oleh pemerintah pusat dan PT KAI.

Wong ini jadi dibangun atau tidak saja kami belum tahu. Lagi pula itu yang melakukan pembangunan adalah pemerintah pusat dan PT KAI, jadi kalau protes ke Pemkot (pemerintah kota) ya salah alamat,” kata dia.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge