0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tarif Angkutan Umum Klaten Naik 25 Persen

(Ilustrasi) Angkutan umum (dok.timlo.net/red)

Klaten —  Menyikapi dampak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, Dishubkominfo Kabupaten Klaten bersama jajaran Organisasi Angkutan Darat (Organda) setempat telah menyepakati kenaikan tarif angkutan umum sebesar 25 persen.

“Kemarin, Kamis (27/11), Dishub bersama Organda, Bagian Hukum, Bagian Perekonomian, dan Santlantas Klaten telah menyepakati kenaikan tarif angkutan umum dan reguler di Kabupaten Klaten mencapai 25 persen,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten Bambang Giyanto, Jumat (28/11).

Kendati telah diforumkan, Bamabang Giyanto mengatakan, untuk produk hukumnya berupa surat keputusan (SK) Bupati Klaten, sedang dalam proses. Sehingga, kemungkinan besar yang terjadi di lapangan, tarif angkutan masih variatif.

“Produk hukumnya sedang kita proses. Sedangkan organda kemarin mengajukan tarif 30 sampai 40 persen. Dan berdasarkan survei kami dilapangan, kenaikan tarif angkutan masih variatif, bahkan ada yang mencapai 50 sampai 70 persen,” imbuhnya.

Selain disebabkan kenaikan harga BBM bersubsidi, lebih lanjut Bambang Giyanto menjelasakan, kenaikan tarif 25 persen ini juga dipengaruhi faktor suku cadang, penyusutan dan pemeliharaan kendaraan.

“Kita juga paham, organda menaikkan tarif angkutan tidak hanya karena imbas kenaikan BBM saja. Tapi juga biaya suku cadang, penyusutan dan pemeliharaan kendaraan,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge