0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Peraturan Baru: Keluarga TNI Boleh Berpolitik

Panglima TNI Jenderal Moeldoko (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Suami atau istri anggota TNI sekarang diperbolehkan berpolitik. Kebijakan itu tertuang dalam surat telegram dari Panglima TNI, Jenderal Moeldoko, tertanggal 24 November 2014.

“Iya betul (surat telegram Panglima TNI). Istri atau suami dari wanita TNI sama dengan warga negara yang lain,” kata Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya, Jumat (28/11).

Menurutnya anggota keluarga TNI aktif ini tidak terlibat dalam struktur komando institusi. Sehingga mereka layaknya warga negara biasa yang mempunyai hak politik dalam kehidupan bernegara.

“Mereka tidak terikat dengan kegiatan TNI. Mereka boleh berpolitik, mempunyai hak dipilih dan memilih sebagai warga negara,” terang dia.

Sebelumnya keluarga TNI aktif dilarang menggunakan hak politiknya oleh Panglima TNI Jenderal TNI Endriartono Sutarto. Kebijakan larangan tersebut pun dituangkan dalam sebuah surat telegram saat Endriartono menjabat (2002-2006).

“Sebelumnya, larangan untuk keluarga dari surat telegram Panglima TNI Endriartono Sutarto. Pak Endriartono mengambil langkah cepat lebih sepat seperti tidak boleh masuk parlemen agar konsen dalam demokrasi,” pungkas dia. [did]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge