0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Trafo Listrik Meledak, Ini yang Dilakukan PLN Solo

Trafo listrik yang sempat meledak (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Pihak Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Solo menyelidiki meledaknya trafo listrik di kawasan Mangkubumen RT 04/RW 14 Banjarsari, Solo beberapa waktu lalu.

Humas Perusahaan Listrik Negara (PLN) Kota Solo, Suharmanto saat dihubungi wartawan mengatakan, seluruh elemen trafo mulai dari inti besi, kumparan transformator, tangki koservator, hingga bushing (konduktor yang diselubungi isolator) kondisinya masih dalam keadaan baik.

“Kami sudah cek semua masih dalam keadaan bagus. Tetapi masih kami selidiki, apakah karena gejala alam atau muatan beban (listrik),” ujar Suharmanto, Jumat (28/11).

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat supaya langsung melapor ke PLN apabila ada kejanggalan atau bunyi yang dikeluarkan dari trafo di tiang listrik. Jika terdapat aduan dari masyarakat, tuturnya, timnya akan langsung melakukan pengecekan dan berharap kejadian meledaknya trafo listrik tidak terulang lagi.

“Saat ini, trafo listrik yang ada sudah kami ganti yang baru, dan aliran listrik di kawasan Mangkubumen sudah bisa dinikmati warga lagi,” sambungnya.

Sebelumnya, trafo di belakang Solo Paragon Mall yang kerap dijadikan tempat parkir sepeda motor meledak, Rabu (26/11) pukul 09.30 WIB.
Ledakan ini menyebabkan seorang juru parkir, Adin (23) mengalami luka bakar di punggung dan tangannya saat ingin memindahkan sepeda motor yang tepat berada di bawah trafo yang meledak.

Selain itu, dua kendaraan bermotor jenis Yamaha Vega dan Honda Astrea Grand juga nyaris hangus terbakar. Beruntung warga sekitar langsung menyiramkan air ke jok motor yang mulai terbakar terkena percikan api.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge