0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Peserta Membludak, 153 Anak Harus Antri Dikhitan

(Ilustrasi) Khitanan massal (dok.timlo.net/red)

Karanganyar — Khitanan masaal dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Karanganyar ke-97, ternyata sangat diminati warga. Target awal yang hanya 97 anak, ternyata membludak hingga 153 anak yang harus dikhitan.

Akhirnya 153 anak pun harus rela mengantri untuk dikhitan di kawasan Masjid Agung Karanganyar, Kamis (27/11).

“Peserta terdaftar ada 153 anak. Ini melebihi dari rencana 97 anak yang semula kita targetkan. Kenapa demikian, sebab tak ada persyaratan khusus bagi peserta. Berbeda halnya dengan nikah massal yang butuh persyaratan khusus,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Karanganyar sekaligus koordinator kegiatan, Cucuk Heru Kusumo.

Disebutkan, terdapat 15 tim tenaga medis yang menangani proses khitan massal tersebut. Kemudian, terdapat pula tim pengelola bimbingan penggunaan obat.

“Masing-masing terdiri dari 3 orang. Semua ditangani dengan baik,” sebutnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karanganyar Mustain Ahmad menjelaskan, setiap kecamatan mengirimkan anak dan dikoordinasi oleh camat setempat dan Kepala KUA untuk kemudian diantarkan ke lokasi khitanan massal. Masing-masing anak pun menerima sejumlah bingkisan berupa sarung, baju, peci, tas sekolah hingga uang tunai. Dikatakan, para peserta pun sama sekali tak dipungut biaya pendaftaran.

“Kebetulan dari pihak Baznas ada pentasarufan bantuan kesehatan sehingga dapat kita salurkan kepada anak-anak. Salah satunya yang sekarang digelar berupa khitanan massal. Selama satu hari kita selesaikan untuk proses khitannya,” jelasnya.

Di sisi lain, salah satu peserta khitanan massal, Bayu Adi (12) mengatakan, dirinya mendapatkan sejumlah bingkisan usai melakukan pendaftaran. Sembari menantikan giliran, Bayu yang diantar oleh ayahnya tersebut mengaku deg-degan menunggu giliran. “Ya deg-degan saja,” tuturnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge