0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KPK Belum Mau Jadikan Bhatoegana Justice Collaborator

Sutan Bhatoegana jadi saksi kasus suap Migas (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan sampai saat ini belum memutuskan apakah nantinya menjadikan tersangka kasus suap dan gratifikasi pembahasan APBN-P di Komisi VII, Sutan Bhatoegana sebagai justice collaborator (JC).

Menurut Juru Bicara KPK Johan Budi ada persyaratan mesti dipenuhi bila Sutan ingin ditetapkan menjadi JC.

“Saya belum pernah dengar ya, sudah ada pengajuan atau belum, tapi kan JC itu dikonkretkan dalam praktik dia sebagai tersangka, bukan selembar kertas,” kata Johan kepada awak media di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/11).

Menurutnya, persyaratan menjadi JC adalah Sutan harus mau buka-bukaan terkait perkaranya. Kemudian persyaratan agak sulit dipenuhi Sutan adalah dia bukan pelaku utama kasus itu.

“JC itu kriterianya yang pertama dia mengakui perbuatannya. Kedua dia bukan pelaku utama dalam perkara yang diusut,” sambung Johan.

Masih menurut dia, semua persyaratan itu dikembalikan kepada Sutan bila bersedia menjadi JC. Karena sampai sekarang komisi masih pikir-pikir menyematkan status JC kepada pria dikenal dengan celetukan ‘ngeri-ngeri sedap’ itu.

“Belum ada kesimpulan. Apa dia kooperatif membuka informasi lebih banyak, sehingga perkara dia bisa melebarkan,” sambung Johan. [has]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge