0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jaksa Agung Sesumbar Lanjutkan Kasus Mangkrak

Jokowi lantik Jaksa Agung (merdeka.com)

Timlo.net – Jaksa Agung HM Prasetyo menegaskan siap meneruskan kinerja mantan Jaksa Agung Basrief Arief. Prasetyo meminta masyarakat menunggu waktu supaya semua kasus selama ini mangkrak segera tuntas.

“Setiap perkara itu tidak sama, mungkin ada kendala-kendala, kami yang tangani banyak, kami akan tangani satu persatu. Saya minta untuk dilanjutkan,” kata Prasetyo, usai menghadiri acara pisah sambut di Kejaksaan Agung, Jakarta, Kamis (27/11).

Sebelumnya, mantan Jaksa Agung Basrief meminta Jaksa Agung Prasetyo berani mengambil sikap terkait banyaknya penanganan perkara tindak pidana korupsi hingga kini masih mangkrak di Kejaksaan Agung. Termasuk soal status hukum tersemat dalam diri seseorang hingga kini masih digantung.

“Tentu itu akan dievaluasi, yang mana kita bisa tingkatkan ya kita tingkatkan, kalau tidak ada alat bukti harus berani tentukan sikap,” kata Basrief.

Ketegasan Prasetyo diminta Basrief salah satunya mengenai kasus alat buktinya tidak kuat. Dia meminta penyidik harus menghentikan penyidikan kasus itu untuk memberikan kepastian hokum secara jelas.

“Saya kira kenapa tidak (SP3), kalau tidak ada alat bukti. Ya tentu yang penanganan kasus tetap dilanjutkan yang bisa ditingkatkan, tapi yang penting kasus itu alat buktinya, jadi nggak bisa seperti asal main dinaikkan (ke penyidik), nanti dalam penyidikan dan penuntutan tidak berhasil,” ujar Basrief.

Diketahui, banyak penangan perkara korupsi tidak jelas di Kejaksaan Agung, di antaranya kasus dugaan tindak pidana korupsi pengadaan alat pengering gabah menyeret sebelas tersangka dari Bank Bukopin dan PT Agung Pramata Lestari. Sejak 2008, sebanyak sebelas orang sudah ditetapkan menjadi tersangka terkait kasus itu. Para tersangka belum dilakukan penahanan.

Selain itu juga kasus dugaan korupsi penerbitan transaksi Surat Kredit Berdokumen Dalam Negeri (SKBDN). Dua tersangka, yakni mantan Direktur Keuangan PT Asuransi Ekspor Indonesia (ASEI) Marthin Fithers Simarmata dan mantan Kepala ASEI Cabang Jakarta Hariyono tidak ditahan. Serta beberapa perkara mangkrak lainnya. [has]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge