0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sampah di Laut Indonesia Terbesar Sejagat

Sampah (merdeka.com)

Timlo.net – Luasnya wilayah perairan Indonesia tidak serta merta dibarengi ketatnya pengawasan dilakukan pemerintah. Itu terbukti dengan maraknya praktik ilegal fishing seakan-akan sudah menjadi penyakit kronis karena terlalu lama dibiarkan begitu saja.

Tak hanya ilegal fishing, masalah lainnya adalah menumpuknya sampah di tengah laut Indonesia. Anggota Dewan Kelautan Indonesia (Dekin), Emmy Hafild, mengungkapkan Indonesia menjadi negara pemilik sampah terbesar di wilayah perairannya. Pasalnya, para pelaut maupun warga menggunakan moda transportasi laut gemar membuang sampah saat berada di tengah lautan.

“Kapal-kapal di perairan Indonesia itu suka membuang sampah di laut dan itu tidak ada yang mengawasi,” ungkap Emmy, usai menghadiri sidang pleno di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Kamis (27/11).

“Laut Indonesia sampahnya paling banyak. Saya kira negara lain sudah punya fasilitas untuk menanggulangi sampah yang lebih baik dari kita. Indonesia parah sekali. Fasilitas pengolahan sampah kita sangat-sangat buruk,” tandasnya.

Alhasil, lanjut Emmy, sejumlah sampah di tengah laut lambat laun menepi dan menumpuk di bibir pulau.

“Kemudian yang dibuang itu akan sampai ke pinggir dan menumpuk,” ungkapnya.

Wanita pernah menjabat sebagai Direktur Eksekutif Greenpeace Southeast Asia periode 2005-2008 ini menyayangkan sistem pengelolaan sampah diterapkan di Tanah Air.

“Harusnya kapal-kapal itu mengurus sampahnya atau paling tidak taruhlah tempat sampah yang cukup di atas kapal. Nah itu enggak, mereka buang aja di perairan Indonesia,” tegasnya.

Emmy juga mengritisi sistem pengolahan sampah di pelabuhan di dalam negeri.

“Pelabuhan pun enggak bakal nampung (sampah). Fasilitas-fasilitas untuk mengelola sampah yang ada di pelabuhan tidak cukup,” paparnya.

Emmy berharap adanya kerjasama antara pengelola pelabuhan dengan pemerintah daerah (Pemda) setempat dalam pengelolaan sampah.

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge