0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Bangun Jalur Integrasi Tirtonadi-Balapan

TERLANTAR -- Sejumlah calon penumpang kereta api jarak jauh terlantar di Stasiun Solo Balapan akibat terganggunya jadwal keberangkatan (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Pemerintah Kota Solo berencana melakukan pembangunan jalur integrasi antara terminal Tirtonadi Solo dan Stasiun Solo Balapan. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad, Kamis (27/11).

Yosca mengatakan jalur integrasi selain bertujuan mempermudah akses transportasi antarterminal dan stasiun, juga untuk mengurangi kepadatan lalu-lintas di Kota Solo. Sebelumnya memang ada dua opsi pembangunan jalur integrasi, yakni jalur flyover dan jalur bawah dengan menggunakan akses jalan kampung, namun kemungkinan besar pihaknya mengambil jalur flyover sebagai opsi utama.

“Kemungkinan besar jalur integrasi tersebut akan berupa flyover karena jalur inilah yang kami perkirakan tidak akan mengalami kendala nonteknis, seperti pembebasan lahan dan lainnya dalam pelaksanaan pembangunannya,” kata dia.

Senada dengan Yosca, Kepala Unit Pelayanan Teknis Dinas (UPTD) Terminal Tirtonadi Dishubkominfo Surakarta, Eko Agus Susanto, menyatakan kemungkinan jalur integrasi menggunakan jalur flyover. Hal itu lantaran akses jalan kampung kondisinya sempit serta berbelok-belok. Belum lagi padatnya pemukiman penduduk di sekitar jalur hendak dibangun.

“Kemungkinan terbesar ya flyover karena banyak kendala nonteknis yang akan dihadapi jika menggunakan jalur bawah. Jalur ini selain bisa mengurangi kemacetan juga akan mengurangi jarak tempuh dari 1,5 kilometer menjadi 350 meter,” terangnya.

Terpisah, Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Joko Sasono, mengatakan pihaknya masih mengadakan studi tentang pembangunan jalur integrasi ini.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge