0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri Pariwisata akan Buka Festival Payung

Taman Balekambang Solo (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Sebuah festival seni bertaraf nasional kembali digelar di Kota Bengawan. Bertajuk Festival Payung Indonesia 2014, sajian selama 3 hari
mulai 28 – 30 November 2014 mendatang akan menampilkan berbagai kreasi payung dari berbagai daerah di Indonesia.

Selain menyajikan payung sebagai barang bernilai guna (fungsional), festival yang disebut-sebut sebagai yang pertama kali di Indonesia ini juga akan menyajikan payung sebagai komoditas seni. Berbagai macam payung hias akan dipajang dan dijual di dalam pameran pasar payung yang menjadi salah satu acara dalam  festival itu.

Festival ini juga mewadahi pengrajin payung tradisional berbagai daerah. Selain untuk memperkenalkan hasil kerajinan mereka, ajang ini juga akan menjadi proses pembelajaran antar produsen payung tradisional.

Berbagai macam kegiatan, seperti Pagelaran seni pertunjukan payung, fashionshow payung, pameran pasar payung, workshop pembuatan payung dan payung painting akan semakin memeriahkan pelaksanaan festival.

Ditemui saat jumpa pers, Ketua pelaksana festival, Heru Mataya mengungkapkan, bahwa dirinya berusaha mengekplorasi produk industri kreatif yang memiliki daya saing tetapi memiliki filosofi yang dalam. Lelaki gondrong ini mengatakan bahwa payung juga memiliki filosofi yang tinggi, dan telah digunakan selama berabad-abad oleh berbagai kebudayaan manusia di berbagai belahan dunia.

“Salah satu pemilik kebudayaan payung ini adalah di Indonesia, maka alangkah sayang jika tidak dikembangkan dengan baik. Selain nilai fungsinya payung juga memiliki nilai estetis dan nilai jual sebagai karya seni. Bahkan payung juga memiliki filosofi sebagai pelindung, penanda status sosial, dan lainnya, karena itulah Festival Payung Indonesia ini diadakan,” katanya.

Festival yang akan dilaksanakan di Taman Balikambang ini rencananya akan dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge