0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Nama Calon Dirut Pertamina Mengerucut

Depo Pertamina (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Sebanyak 3 nama calon Direktur Utama PT Pertamina (Persero) mengerucut. Kini ketiga nama itu masih dalam proses di PT Daya Dimensi Indonesia (DDI).

“Tinggal tunggu saja, masih dalam proses dengan proses bukan hanya proses DDI , ada PPM tapi sekarang sudah di proses PPA,” kata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno di kantornya, Kamis (27/11).

Rini menyimpan rapat-rapat nama tiga calon kuat orang nomor satu di perusahaan migas negara. Dia juga tidak memberikan bocoran apakah ketiga calon berasal dari internal maupun eksternal.

Tidak hanya calon Dirut Pertamina saja yang tengah digodok Kementerian BUMN. Rini juga tengah mencari sosok yang tepat untuk duduk di kursi Dirut Perum Bulog.

“Ya kan Dirut Bulog sudah habis masa jabatannya jadi nanti masih dalam proses karena semau itu harus melakukan asesemen , untuk dirut bulog kan harus ada asesmentnya juga menunggu assement. Nanti prosesnya sama dengan calon dirut Pertamina,” tutup dia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengaku sudah menyiapkan tujuh nama calon direktur utama PT Pertamina (Persero). Saat ini ketujuh calon pengganti Karen Agustiawan tersebut tengah diproses.

“Ada tujuh nama,” ujarnya.

Rini mengatakan tenggat waktu pemilihan Dirut Pertamina jatuh pada 30 November 2014. Kementerian akan menilai ketujuh calon sebelum namanya diserahkan kepada Tim Penilai Akhir (TPA).

“Setelah kita mereview, setelah mendapatkan assesment dari konsultan. Baru kita mengusulkan ke TPA. Memang nama-nama tersebut sudah ada yang masuk UKK KBUMN, sebagian sudah masuk sebagian belum, masih di PT Daya Dimensi Indonesia,” ungkapnya.

“Setelah itu tahapannya yah setelah selesai DDI kemudian disini ada tim nya yang melakukan interview, baru masuk ke TPA,” tutup dia.

Berhembus kabar, tujuh nama calon dari eksternal yang diajukan Menteri BUMN Rini Soemarno sebagai Dirut Pertamina, di antaranya, Budi Gunadi Sadikin (Dirut Bank Mandiri), Sunarso, (Direksi Bank Mandiri), Zulkifli Zaini (Mantan Dirut Bank Mandiri), Fahmi Muchtar (bekas Dirut PLN), Dwi Sucipto, (Dirut Semen Indonesia), Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya dan Rinaldi Firmansyah (bekas Dirut Telkom).

Rini menegaskan, calon Dirut PT Pertamina haruslah seseorang yang mampu membawa perseroan bersaing di tingkat global. Maka dari itu, dia mengaku tengah menyeleksi para calon yang memiliki standar perusahaan internasional.

“Pemerintah ingin Direktur Utama Pertamina adalah sosok yang ‘global sender’,” ujarnya. [noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge