0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KIH Absen, Fit And Proper Test Calon Pimpinan KPK Ditunda

Ruang Sidang DPR (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Rapat pleno Komisi III DPR soal pemilihan pimpinan KPK kembali ditunda lantaran fraksi-fraksi partai yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tidak hadir.

“Rapat pleno komisi III untuk bahas tahapan fit and proper test calon pimpinan KPK terpaksa ditunda dengan alasan setelah ditunggu lebih dari 30 menit, fraksi-fraksi KIH juga belum datang. Kita putuskan rapat pleno tunda,” kata Wakil Ketua Komisi IIi DPR Benny K Harman kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (27/11).

Menurut Benny, Komisi III masih memberikan tenggang waktu hingga sore ini agar fraksi partai politik yang tergabung dalam KIH untuk hadir dalam rapat pleno.

“Kalau sore ini bisa datang ya kita tunggu. Kalau tidak Minggu depan. Senin Selasa sebelum tanggal 5 (Desember). Harapan sebelum reses sudah selesai pilih pimpinan KPK yang baru,” jelasnya.

Politisi Demokrat itu membantah bila tertundanya rapat pleno untuk menggelar fit and proper tes untuk menolak 2 calon pimpinan KPK. Tidak ada alasan yang mendasar DPR menolak usulan pemerintah terkait calon pimpinan KPK.

“Tidak bisa menolak. Undang-undang menegaskan DPR wajib memilih satu, kalau yang dibutuhkan satu ya wajib pilih satu dari dua. DPR wajib memilih. Tidak ada diskresi yang diberikan UU kepada dewan untuk tidak memilih,” terang Benny.

“Mandatory-nya adalah memilih. Jadi tidak mungkin menolak dua-duanya. Yang mungkin menunda fit and proper test di DPR,” tandasnya. [bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge