0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BI Beberkan 5 Pilar Utama Stabilitas Keuangan

Seminar "Stabilitas Sistem Keuangan" dii Gedung Bank Indonesia Solo, (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Bank Indonesia (BI) mengemukakan, kestabilan moneter hanya bisa terealisasi melalui terpeliharanya stabilitas sistem keuangan dikarenakan sistem keuangan merupakan jalur terpenting dari transmisi kebijakan moneter.

“Perkembangan terkini memberikan indikasi semakin besarnya potensi sistem keuangan sebagai sumber tekanan terhadap perekonomian riil,” ungkap Arifin MS dari Pusat Riset dan Edukasi Bank Sentral saat berbicara dalam seminar “Stabilitas Sistem Keuangan” di depan guru-guru Ekonomi SMA/MA, di Gedung Bank Indonesia Solo, Kamis (27/11).

Menurut Arifin, sektor keuangan yang berkembang lebih pesat dibandingkan dengan perkembangan sektor riil sebagai akibat dari pendalaman pasar, globalisasi pasar keuangan yang mendorong perkembangan transaksi keuangan secara cross-border dan pengembangan institusi keuangan dan infrasturkturnya berdampak meningkatnya kompleksitas sistem keuangan.

“Stabilitas sistem keuangan memberikan tiga manfaat, yakni kepercayaan deposan, efisiensi intermediasi dan efektifitas alokasi sumber dana,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, ada lima pilar utama stabilitas keuangan, yakni, lingkungan makro ekonomi yang stabil, kerangka pengawasan prudensial yang sehat, lembaga keuangan yang dikelola dengan baik, pasar keuangan yang beroperasi secara efisien dan lancar, sistem pembayaran yang aman dan lancar, dan infrastruktur yang meliputi standar industri, termasuk standar akuntansi, kerangka hukum, corporate governance dan ketentuan kepailitan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge