0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Komite Sekolah Hanya sebagai Tukang Stempel

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo, Aryo Widyandoko (dok.timlo.net/tyo eka)
Solo — Yayasan Satu Karsa Karya (YSKK) mengadakan seminar tentang pembentukan forum komite sekolah, Rabu (26/11) siang. Forum yang diikuti oleh anggota komite sekolah dari berbagai sekolah di Solo tersebut dilakukan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja komite sekolah sebagai pengawas sekolah.
“Posisi, fungsi dan peran komite sekolah ini sangat besar dan strategis untuk mengawal penyelenggaraan pendidikan di tingkat sekolah, namun selama ini masih belum maksimal dalam pelaksanaannya,” ungkap ketua yayasan YSKK, Suroto.

Dikatakan. hasil kajian yang dilakukan YSKK di delapan provinsi pada akhir 2013 menyebutkan pemilihan komite sekolah dinilai masih kurang transparan dan partisipatif. Selain itu pemahaman yang masih dangkal tentang fungsi, dan kedudukan komite sekolah menambah parah kondisi pengawasan pendidikan yang seharusnya dilakukan oleh komite sekolah.

Menurutnya, pembentukan forum komite sekolah ini sangat penting untuk meningkatkan posisi dan daya tawar komite sekolah. “Selama ini yang kita tahu bahwa komite sekolah hanyalah sebagai tukang stempel saja, padahal seharusnya lebih dari itu. Karena itulah forum ini
dibentuk,” ungkapnya.

Suroto juga mengatakan, beberapa temuan yang lainnya adalah proses pemilihan komite sekolah yang kurang ideal karena diisi oleh unsur guru, yang menjadikan komite sekolah tidak terlalu efektif dalam mengontrol kondisi pendidikan di sekolah.

Sementara, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo, Aryo Widiandoko menyambut gembira pembentukan Forum ini. Menurutnya, pembentukan forum ini akan menambah partisipasi masyarakat dalam kebelangsungan pendidikan di sekolah.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge