0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aturan Main Jonan Atasi Lalu-lintas Penerbangan

Pesawat Merpati (merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengaku gerah dengan padatnya lalu-lintas penerbangan di beberapa bandar udara (Bandara) di Indonesia. Padatnya Bandara terlihat dari antrean pesawat saat hendak lepas landas dan mendarat, baik pesawat berbadan lebar hingga pesawat kecil.

Sebagai solusinya, Jonan punya aturan main untuk diterapkan di Bandara-bandara Indonesia. Bandara besar dan hub di Indonesia, khusus untuk pesawat berbadan lebar atau jumbo sekelas Boeing 777 atau Airbus 330.

“Ke depan airport besar yang hub paling tidak didarati oleh Boeing 737 atau Airbus 330 dan Boeing 777,” ujarnya di Kantor Kemenhub, Jakarta, Rabu (26/11).

Jenis pesawat ikut menentukan pengaturan lalu-lintas dan rute penerbangan. Dia mencontohkan, rute Jakarta-Surabaya selama ini dikenal sebagai rute penerbangan padat, diprioritaskan menggunakan pesawat berbadan lebar atau pesawat besar. Harapannya, dengan daya tampung pesawat besar mengurangi volume atau frekuensi penerbangan.

“Jakarta-Surabaya nanti akan pakai pesawat lebih besar. Jadi setiap satu jam, tidak setiap 30 menit (dengan pesawat lebih kecil sekelas Boeing 737),” jelas dia. [noe]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge