0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

‘Kartu Sakti’ Jokowi Tiru Brasil

Presiden Jokowi luncurkan Kartu Indonesia Sehat (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Indonesia bukan negara pertama menerbitkan kartu elektronik perlindungan sosial untuk rakyat miskin. Terobosan ini sudah dilakukan Brasil saat dipimpin Presiden Luiz Incio Lula da Silva.

Presiden akrab dipanggil Lula menggunakan kartu elektronik guna memudahkan pelaksanaan Bolsa Familia, program pengentasan kemiskinan di negara terbesar di Amerika Latin itu. Program ini membawa pentolan Partai Pekerja itu memimpin Brasil dua periode.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengakui program perlindungan sosial dijalankan pemerintaah saat ini meniru Brasil. Negeri Samba dinilainya berhasil menyalurkan bantuan uang tunai menggunakan kartu elektronik.

“Presiden ingin lakukan penyaluran bantuan sosial ini mencontoh dari kesuksesan Brazil,” ucap Bambang, Jakarta, Rabu (26/11).

Dia mengungkapkan, teknik penyaluran bantuan uang tunai semacam itu bisa lebih efektif, tepat sasaran dan menekan kebocoran. Masyarakat pun secara tidak langsung diajak memanfaatkan layanan jasa perbankan.

“Jadi sekarang nomor telepon juga menjadi nomor rekening dan kalau kita sudah transfer, para penerima bantuan bisa pergi ke kantor pos atau bank untuk mencairkan itu,” tukasnya.

Sekedar informasi, Presiden Jokowi telah menerbitkan empat kartu perlindungan social, yakni Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Kartu Keluarga Sejahtera dan Kartu Simpanan Keluarga Sejahtera. [yud]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge