0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banyak Masyarakat Belum Tahu BI adalah Bank Sentral

Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Lambok Antonius Siahaan (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Masih banyak masyarakat yang tidak tahu tentang Bank Indonesia (BI). Masih banyak ada anggapan bahwa Bank Indonesia adalah seperti halnya bank lainnya sebagai tempat menyimpan dan menyalurkan kredit.

“Padahal Bank Indonesia adalah bank sentral,” jelas Kepala Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia (BI), Lambok Antonius Siahaan, saat bertemu wartawan. seusai Peluncuran Buku Paduan Ekonomi SMA/MA Muatan Kebanksentralan, di Gedung BI Solo, Rabu (26/11).

Lambok mengatakan, bank sentral memiliki tugas utama sebagai pengendalian kebijakan moneter, pengelolaan nilai tukar dan cadangan
devisa, agen fiskal, sebagai lender of last resort, mengawasi dan mengatur perbankan, mengelola system pembayaran, mengelola dan memelihara mata uang.

“Dalam definisi yang paling sederhana, bank sentral adalah bank yang memegang simpanan bank lain dan menggunakannya untuk settlement pembayaran antar bank,” jelasnya.

Sementara itu, kata Lambok, sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia tentang Bank Indonesia Nomor 23 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 3 tahun 2004 dan UU Nomor 6 tahun 2009, Bank Indonesia adalah Bank Sentral Republik Indonesia. Bank Indonesia adalah badan hukum dan lembaga Negara yang independen dalam melakukan tugas dan wewenangnya bebas dari campur tangan pemerintah dan atau pihak lain, kecuali untuk hal-hal tertentu yang secara tegas diatur dalam undang-undang.

Sedang status dan kedudukan Bank Indonesia adalah lembaga negara yang mempunyai wewenang, antara lain mengeluarkan alat pembayaran yang sah dari suatu negara, merumuskan dan melaksanakan kebijakan moneter, mengatur dan menjaga kelancaran system pembayaran, menjaga stabilitas system keuangan dan menjalankan fungsi sebagai lender of the last resort.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge