0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

NPC Segera Keluar dari KONI

Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun (tengah) (dok.timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo — Organisasi tertinggi olahraga penyandang cacat Indonesia atau National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, tak lama lagi akan keluar dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Ya, NPC secara regulasi yang baru memang harus berdiri sendiri di luar keanggotaan KONI.

“Surat dari NPC pusat sudah dikeluarkan ke seluruh KONI seluruh Provinsi. Artinya secara de facto NPC sudah keluar dari KONÍ, namun untuk de yure masih menunggu rapat tahunan KONI yang rencananya akan digelar Januari mendatang,” terang Ketua I bidang organisasi NPC, Rio Suseno, Rabu (26/11) siang.

Menurutnya, keluarnya NPC dari KONI serta merta bukanlah keinginan atau inisiatif dari induk olahraga penyadang cacat seluruh Indonesia tersebut. Namun, keluarnya NPC dari KONI karena adanya regulasi dari International Paralympic Committee (IPCs).

“Ini bukan kehendak NPC untuk sok-sokan ingin keluar. Tapi ya memang regulasinya dari IPCs, Bahwa NPC memang harus berdiri sendiri. Ditambah juga dengan diperkuat undang-undang sistem olahraga nasional,” tambah Rio.

Terpisah, Presiden NPC Indonesia, Senny Marbun menyambut baik keluarnya NPC dari tubuh KONI dalam waktu dekat. Menurutnya, NPC akan lebih dapat membangun olahraga bagi para atlet difabel secara lebih kuat. “Tentu ini hal yang positif bagi NPC, karena akan lebih dewasa terutama dalam mengelola keuangannya,” kata Senny.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge