0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Operasi Zebra Candi 2014 di Karanganyar Dimulai

Kapolres Karanganyar AKBP Martireni Narmadiana menyematkan pita kepada anggot (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar —  Apel gelar pasukan Operasi Zebra Candi 2014 dilaksanakan di lapangan Mapolres Karanganyar, Rabu (26/11). Operasi tersebut akan digelar selama 14 hari ke depan. Dalam kurun waktu tersebut, jajaran Satuan Lalu Lintas akan lebih meningkatkan intensitas patroli dan operasi demi terciptanya tertib berlalu lintas dengan lebih baik.

Kapolres Karanganyar, AKBP Martireni Narmadiana, saat ditemui usai apel mengatakan, total anggota yang dikerahkan dalam Operasi Zebra Candi 2014 ini sebanyak 85 personel. Dengan berkordinasi dengan jajaran anggota di tiap Mapolsek serta Mapolres. Dipastikan, lebih dari 80 persen anggota di Polres Karanganyar turut serta melakukan back up operasi tertib berlalu lintas ini.

“Selama Operasi Zebra Candi 2014 ini, jajaran anggota bakal menggelar operasi di berbagai tempat yang memungkinkan terjadi pelanggaran,” ucapnya.

Kapolres menambahkan, operasi ini juga untuk mengantisipasi potensi kerawanan lalu lintas di sejumlah titik kabupaten.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Sukmawati menambahkan, Operasi Zebra Candi 2014 ini juga bakal memantau kelengkapan sarana pra sarana kendaraan. Di samping juga memfokuskan pada penertiban kelengkapan surat-surat berkendara. “Operasi ini sebelumnya pun telah kami sosialisasikan kepada masyarakat dan pelajar,” tuturnya.

Beberapa hal yang bakal menjadi pengawasan dan penertiban dalam Operasi Zebra Candi 2014 ini, antara lain pengendara belum cukup umur, berboncengan lebih dari satu, kendaraan yang tidak sesuai spesifikasi, kendaraan yang memiliki kelebihan tonase maupun overload.

“Terkadang muatan dari sebuah kendaraan itu tidak terlalu berat, tetapi tinggi dan lebarnya melebihi standar yang berlaku. Yang seperti ini juga perlu ditertibkan karena jelas bakal mengganggu pengguna jalan di sekitarnya,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge