0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Purwanto, Guru Bantu Berprestasi Internasional

Kegiatan belajar di SMKN 8 Solo (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Purwanto (35) adalah seorang guru bantu SMKN 8 Solo yang mengajar karawitan. Kendati hanya guru bantu ternyata berkat
tangan dinginnya berhasil mengantar siswa-siswi SMKN 8 Solo meraih prestasi. Di antara prestasi yang diraih, berhasil meraih penyaji karawitan terbaik.

“Kami juga pada tahun 2014 mendapat penghargaan international atas karawitan kolaborasi dengan Malaysia dan Singapura,” jelas Purwanto saat bertemu wartawan, kemarin.

Berstatus guru bantu bagi Purwanto sudah dijalani sejak tahun 2004. Dalam kurun waktu itu, ia sudah beberapa kali mengikui tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), tetapi selalu gagal.
Pengajar karawitan SMKN 8 Solo itu, mengemukakan, dalam seminggu dirinya total mengajar selama 40 jam pelajaran. Setiap jam dibayar sebesar Rp 17.000. Mengajar sebanyak jam mengajar itu memang tidak mudah untuk istirahat. Namun penghasilan dari mengajar karawitan itu, dijalani dengan semangat dan ikhlas.

“Untuk menutup kebutuhan rumah tangga, saya memang terpaksa ngamen, artinya pentas dari panggung ke panggung,” ungkapnya sambil tersenyum.

Hanya ada yang masih menggelitik pada benaknya, Purwanto mengaku bahwa masih mengharap terkait dengan statusnya saat ini yang masih menjadi guru bantu. Ke depan, ia tetap berharap bisa lolos seleksi CPNS.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge