0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BKBN Klaten Gelar Orientasi PIK Remaja

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Klaten menggelar kegiatan Orientasi Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja (Dok. Timlo.net/Aditya)

Klaten – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Klaten menggelar kegiatan Orientasi Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja, Selasa (25/11), di Pendopo pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten.

“Kegiatan orientasi ini diikuti oleh perwakilan 65 sekolah SMA dan SMK sederajat, baik swasta maupun negeri yang ada di Kabupaten Klaten, serta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Total pesertanya sebanyak 280 orang dan dibuka oleh Bupati Klaten,” ujar Kepala Seksi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi (KBKR) Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (PPKB) BKKBN Klaten, Nuryanti, Selasa (25/11).

Ia pun menjelaskan, kegiatan orientasi ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi ke sekolah-sekolah agar memiliki kelompok PIK Remaja. Pasalnya masa remaja merupakan masa peralihan dari anak-anak ke dewasa rentan menghadapi persoalan seperti seks bebas, kehamilan tidak diinginkan, aborsi dan terinfeksi penyakit menular seksual hingga terkena  HIV/AIDS.

Sehingga orientasi PIK Remaja ini, lanjut Nuryanti,  melahirkan para konselor muda untuk menunjang kegiatan program Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBBR) dikelola dari, oleh dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling kesehatan reproduksi serta penyiapan kehidupan berkeluarga.

“Harapannya para peserta dapat menjadi konselor atau pendidik sebaya karena tak bisa dipungkiri, siswa yang mempunyai masalah terkadang enggan untuk curhat kepada orangtua ataupun guru. Sehingga disinilah pentingnya PIK yang memberdayakan konselor sebaya dalam memberikan konseling bagi temannya itu sendiri,” imbuh Nuryanti.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge