0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

5 Transmigran Sragen Siap Berangkat ke Sulsel

(Ilustrasi) Pemberangkatan transmigran (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Sragen – Sebanyak  lima keluarga calon transmigran asal Kabupaten Sragen siap diberangkatkan menuju lokasi transmigrasi di Desa Mahalona, Kecamatan Towuti, Kabupaten Lawu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Mereka tinggal menunggu Surat Perintah Pemberangkatan (SPP) dari pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Para calon transmigran berasal dari Kecamatan Tangen, Masaran, Sidoharjo dan Ngrampal.

Demikian dijelaskan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Sarwaka. Ia menjelaskan, para calon transmigran asal Bumi Sukowati diperkirakan berangkat awal Desember 2014 mendatang.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen nantinya mengawal para transmigran sampai ke Semarang. Selanjutnya mereka berangkat naik kapal bersama calon transmigran dari kabupaten lain di Jawa Tengah menuju lokasi transmigrasi.

“Dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, kapal berhenti di Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar dan dilanjutkan perjalanan darat menuju lokasi” jelasnya, Selasa (25/11).

Lebih lanjut Sarwaka mengatakan, kondisi lokasi transmigran sudah cukup bagus dan akses untuk ke pasar, sekolah  serta balai desa juga tidak jauh. Selain itu, persediaan air bersih di lokasi juga cukup bagus.

“Kondisi jalan dari lokasi transmigran sudah kami tinjau dan akses jalannya cukup bagus” kata dia.

Sarwaka menambahkan, Pemkab Sragen nantinya memberi uang bekal kepada para calon transmigran. Pihaknya menyarankan agar mereka juga membawa peralatan pertanian dan sepeda untuk transportasi di lokasi transmigrasi.

Di sana nantinya, mereka juga memperoleh tanah garapan untuk tanaman padi seluas 9000 meter dan tanah harus dibuka sendiri seluasa satu hektar. Selain itu mereka juga mendapat rumah tinggal ukuran 6×6 meter persegi dengan tanah pekarangan seluas seribu meter persegi.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge