0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

November-Maret Siaga Darurat Bencana

Banjir menggenangi Kampung Pangin dekat Pabrik Sritex Sukoharjo (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo menyatakan pada November 2014 hingga Maret 2015 merupakan bulan siaga darurat bencana. Sebagaimana diketahui pada bulan-bulan ini sering terjadi bencana alam angin kencang, tanah longsor dan banjir, sehingga harus dilakukan antisipasi sedini mungkin.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Sukoharjo, Agus Diyanto mengatakan, saat ini SK pemberlakuan bulan siaga darurat bencana sedang dalam proses penyusunan. Jika sudah siap, nanti ditandatangani Bupati Sukoharjo sebagai dasar dilakukannya kegiatan penanggulangan prabencana.

“Berdasarkan pengalaman kejadian tahun-tahun sebelumnya, penanganan prabencana selalu menemui kendala, sehingga untuk tahun ini sebagai langkah antisipatif kami menetapkan bulan November hingga Maret sebagai bulan siaga darurat bencana. Ini agar lebih terkordinasi saat penanganan bencana jika sudah terjadi,” kata Agus Diyanto, Selasa (25/11).

Dijelaskan, pada bulan-bulan itu sering terjadi bencana angin kencang, banjir dan tanah longsor, sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan sejak dini guna meminimalisasi korban. Dengan SK dari Bupati Sukoharjo diharapkan kerjasama antarinstansi terkait bisa lebih mudah terkoordinasi, sehingga penanganan bencana alam bisa lebih maksimal.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge