0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Wakasek Pukul Siswa, Wabup Datangi Sekolah

Ilustrasi anak korban kekerasan (dok.merdeka.com)

Sragen — Kasus pemukulan terhadap empat siswa dilakukan Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan SMK Negeri 1 Sambirejo mendapat perhatian Wakil Bupati (Wabub) Sragen Daryanto. Orang nomor dua di Bumi Sukowati ini mendatangi sekolah untuk menyelesaikan masalah itu secara tuntas, Selasa (25/11).

Daryanto mengatakan, dirinya telah memanggil semua pihak untuk menjernihkan persoalan agar tidak dicampuri pihak ketiga. Dia mengajak para siswa, guru dan pihak terkait untuk menyelesaikan masalah secara kekeluargaan.

Dikatakan Daryanto, masalah di SMKN 1 Sambirejo lebih baik diselesaikan di tingkat sekolah. Pasalnya, munculnya tindakan guru itu diyakini bukan berniat melakukan kekerasan, melainkan sebatas menertibkan siswanya.

“Memang yang dilakukan guru bersangkutan mungkin tak baik, hanya saja sangat arif bila persoalan di lingkungan sekolah jangan dibawa ke ranah hukum. Sebab akan berpengaruh buruk bagi dunia pendidikan dan tentu banyak guru akan masuk penjara,” katanya.

Lebih jauh Daryanto mengatakan, bila persoalan sekolah dibawa ke ranah hokum bisa membuat guru ketakutan untuk mendidik siswa. Namun demikian, dia menegaskan tidak dibenarkan mengajak disiplin siswa dengan cara kekerasan. Kasus kekerasan di SMKN 1 Sambirejo juga bisa dijadikan pembelajaran para pendidik agar berhati-hati memberikan teguran terhadap siswa.

“Dengan pertemuan di SMKN 1 Sambirejo, para siswa maupun guru juga sudah tak trauma, bahkan pada Rabu (26/11) para siswa yang sempat kena pemukulan sudah masuk seperti hari biasanya,” jelas dia.

Sementara itu, Kapolres Sragen AKBP Dwi Tunggal Jaladri mengatakan, secara resmi persoalan itu belum masuk ke ranah hukum. Kepolisian mengupayakan persoalan itu diselesaikan secara kekeluargaa. Pihaknya juga belum mendapat laporan secara resmi dari para korban.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge