0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Di Solo, Penilaian Kurikulum 2013 Diberlakukan Tahun Ini

Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Sekolah Menengah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo, Budi Setiyono (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo —  Puluhan Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMA dan SMK se-Kota Solo bakal mendapatkan penguatan pada penilaian Kurikulum 2013 dalam bentuk lokakarya yang akan berlangsung di SMAN 4 Solo, Rabu (26/11).

“Narasumbernya adalah para pengawas SMA dan SMK,” jelas Kepala Seksi Kurikulum Pendidikan Sekolah Menengah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Solo, Budi Setiyono kepada Timlo.net, di ruang kerjanya, Selasa (25/11).

Budi mengatakan. pengawas SMA dan SMK yang menjadi nara sumber lokakarya adalah mereka yang sebelumnya telah mendapatkan
pelatihan tentang system penilaian. Pesertanya adalah wakil kepala sekolah negeri maupun swasta, masing-masing sebanyak 50 SMK dan 35 SMA.

“Lokakarya itu terkait pada sistem penilaian Kurikulum 2013, yang mana dalam rangka persiapan menjelang test akhir semester,” jelasnya.

Budi mengatakan, mengacu pada Permendikbud 104 tahun 2014 tentang Penilaian. Tentang sistem penilaian pada Kurikulum 2013 tersebut,
sebelumnya memang sudah dilakukan pada kelas klaster, maka selanjutnya disosialisasikan kepada guru sekolah-sekolah melalui Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum.

“Targetnya mindset guru tentang penilaian, nantinya sama,” jelasnya.

Kendati penilaian yang dimaksud Permendikbud 104 tahun 2014 baru akan dilaksanakan pada semester depan (tahun 2015), namun khusus di Kota Solo, akan dilaksanakan mulai tahun 2014 ini.

“Sistematika penilaiannya, baik pengetahuan, ketrampilan kemudian penilaian sikap. Ketiganya nanti masuk rapor. Dan desain rapornya sesuai dengan Permendikbud 104,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge