0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Manfaat Makanan dan Minuman Manis Dalam Hubungan Asmara

Love (dok.timlo.net/google)

Timlo.net—Apakah Anda gemar memanggil pacar atau pasangan Anda dengan panggilan sayang yang terkait dengan sesuatu yang manis? Misalnya di luar negeri, pasangan menggunakan nama-nama panggilan sayang seperti sweetie pie, honey bee dan sugar bear dan lain-lain. Para peneliti tertarik untuk memahami penggunaan kata-kata manis ini yang digunakan untuk memanggil pacar atau pasangan.

Ternyata, nama panggilan seperti ini menggambarkan hubungan kognitif fundamental antara gula dan cinta. Bukti penelitian baru menunjukkan bahwa sensasi rasa manis, yang kita bayangkan dalam bentuk panggilan sayang, secara tidak sengaja mengaktifkan serangkaian pikiran romantis. Alasannya? Metafora bukan hanya sekedar metafora. Kata-kata yang kita gunakan bisa menandakan sebuah hubungan antara pengalaman tubuh terhadap sebuah rasa dan bagaimana kita berpikir dan melihat sesuatu. Atau dalam bahasa sederhana, menggunakan kata-kata “manis” bisa menolong membangun bahasa cinta.

Untuk menguji teori ini, Ren dan rekan-rekan kerjanya menguji bagaimana pengalaman merasakan sesuatu yang manis bisa membentuk penilaian pasangan baru terhadap hubungan mereka. Apakah rasa cinta pasangan yang baru menjalin hubungan akan terpengaruh saat mereka menikmati sesuatu yang manis atau tidak?

Para subyek penelitian diberitahu bahwa fokus penelitian yang mereka ikuti adalah pengujian kemampuan lidah merasakan. Mereka diminta untuk makan makanan manis atau cemilan yang asin. Mereka kemudian diminta mengisi serangkaian survei termasuk pertanyaan mengenai hubungan asmara mereka.

Hasilnya? Mereka yang makan makanan dan minum minuman manis menjawab secara positif tentang hubungan asmara mereka.

Selanjutnya, para peneliti meminta para peserta melihat foto-foto orang yang tidak mereka kenal yang lajang dan diminta minum minuman manis atau air mineral biasa. Sekali lagi, minuman manis memberikan efek yang kuat untuk mengontrol mood. Para peserta yang meminum minuman manis menunjukkan ketertarikan romantis terhadap beberapa foto yang mereka lihat.

Lantas apa arti penelitian ini buat kita? Dari segi praktis, pada kencan pertama, Anda bisa memakai fakta bahwa makanan dan minuman manis bisa memperkuat perasaan cinta. Bawalah pacar Anda untuk menikmati sesuatu yang manis, misalnya es krim, dessert atau makanan dan minuman lain.

Sumber: Psychology Today.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge