0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IAIN Surakarta Gelar Pelatihan Baca Tulis Aksara Jawa

Logo IAIN Surakarta (dok.timlo.net/facebook)

Sukoharjo – Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta mengadakan kegiatan bertajuk “Pelatihan Minat dan Bakat Baca Tulis Aksara Jawa”, bertempat di Gedung Graha IAIN Surakarta, Kartasura, Sukoharjo.

Humas IAIN Surakarta Elliyina melalui rilisnyua menyebutkan, pada kesempatan itu, Dekan FUD IAIN Surakarta Dr H Abdul Matin Bin Salman Lc MAg dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam konteks Jawa, bahasa dan aksara bukan hanya sekedar alat tetapi juga rumah filsafat.

“Bagaimana sesungguhnya secara filosofis manusia mendudukkan dirinya dalam konteks kehidupan,” ujarnya, kemarin

Dekan FUD IAIN Surakarta menyatakan, generasi zaman sekarang sudah banyak yang merasa kesulitan untuk membaca dan menulis aksara daerah, demikian juga dengan di Jawa. Jawa dalam arti bukan sekedar wilayah teritorial tetapi juga kebudayaannya. Banyak warga Jawa yang sudah tidak mengenal aksara Jawa.

“Salah satu penyebab lunturnya kemampuan membaca dan menulis aksara daerah karena jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu nara sumber yakni Samidi Khalim menyatakan, Aksara Jawa merupakan “kitab kecil”. Aksara Jawa merupakan simbol spiritualitas Jawa yang luhur. Hubungan antara yang menyembah dan yang disembah. “Jadi aksara Jawa yang berjumlah dua puluh itu berisikan petunjuk tentang doa keselamatan dan puji terhadap Sang Pencipta,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge