0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

2 Tahun Tak Selesai, Buruh MML Geruduk Dinsosnakertrans

(Ilustrasi) buruh salah satu perusahaan (Dok.Timlo.net/ Ist)

Karanganyar – Permasalahan membelit CV Mundu Makmur Lestari (MML) sejak tahun lalu kembali mencuat. Sejumlah perwakilan mantan buruh perusahaan mendesak Bupati Karanganyar Juliyatmono menagih kembali hak ratusan karyawan hingga kini tak jelas keberadaannya, Senin (24/11). Mereka bahkan bersiap menempuh jalur hukum dengan melapor kepada pihak kepolisian.

Sejumlah perwakilan mantan buruh didampingi kuasa hukumnya, Asri Purwanti mendatangi kantor Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Karanganyar untuk menyampaikan tuntutannya usai diminta Juliyatmono mengurus permasalahan ke dinas itu.

“Hal yang pasti tuntutan kami soal pesangon hingga kini belum juga diberikan. Di sisi lain, para buruh tidak mendapatkan Jamsostek selama bekerja di sana. Bahkan ketika ada karyawan yang mengalami keguguran saat bekerja, dari perusahaan tak ada yang meng-cover,” ungkap Asri.

Sementara itu, Kepala Dinsosnakertrans Karanganyar, Sumarno mempersilakan bagi pihak buruh untuk melanjutkan kasus itu ke ranah hukum. Meski demikian, kasus wajib dibawa ke PHI untuk mempermudah lobi pada pihak terkait, terutama perusahaan.

“Kasihan sudah hampir dua tahun, perkara ini tidak kunjung kelar. Lanjut tidak apa-apa, urusan hukum tetap dilakukan namun untuk perkembangan tolong koordinasi dengan Dinsosnakertrans,” ujarnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge