0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

99% Pendapatan Cukai dari Rokok

Sosialisasi Penggunaan Cukai Rokok Kabupaten Karanganyar Tahun 2014 di Kantor Kelurahan Cangakan, Senin (24/11) (Dok. TImlo.net/Nanang Rahadian)

Karanganyar – Capaian pendapatan cukai di Soloraya pada 2014 mencapai hampir Rp 1 triliun. Pendapatan sebesar itu, 99 persen di antaranya ditopang dari rokok.

“Harusnya target tahun ini kan lebih dari itu. Namun karena tak ada kenaikan tarif cukai, tahun 2014 ada pajak rokok, sehingga ada koreksi pajaknya. Sebagian besar ditopang dari cukai rokok itu,” urai Kepala Sub Seksi Penyuluhan-Pelayanan Bea dan Cukai Surakarta Imam Supriyanto, usai Sosialisasi Penggunaan Cukai Rokok Kabupaten Karanganyar Tahun 2014 di Kantor Kelurahan Cangakan, Senin (24/11).

Di sisi lain, guna mengurangi peredaran barang-barang bercukai ilegal berpotensi mengurangi pendapatan cukai, pihaknya sengaja menggandeng mitra maupun masyarakat guna mempersempit ruang gerak terhadap barang bercukai ilegal. Upaya itu dilakukan dengan lebih persuasif.

“Kami lebih ke persuasif, misalnya dengan pembinaan. Jika memang tak bisa dengan pembinaan tentu kami ambil penindakan lebih nyata,” jelas Imam.

Ditambahkan, terkait temuan cukai ilegal, sejauh ini Karanganyar terbilang memiliki angka cukup kecil dibandingkan daerah lain dalam lingkup kawasan Soloraya.

“Data kami, relatif sedikit untuk 2013-2014, namun yang pasti Karanganyar lebih kecil ketimbang kawasan lain di Soloraya. Kami temukan juga masih dalam jumlah kecil,” tambahnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge