0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMAN 3 Sragen Punya Lapangan Ujian SIM C

Wakapolres Sragen, Kompol Yudy Arto Wiyono saat meresmikan Lapangan Ujian SIM C Terampil dan Mandiri di SMA Negeri 3 Sragen, Senin (24/11). (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Sebuah lapangan untuk ujian praktek surat ijin mengemudi (SIM) C terdapat di halaman SMAN 3 Sragen. Lapangan ini merupakan
satu-satunya dan pertama kali di Jawa Tengah yang dibangun oleh pihak sekolah secara mandiri.

Kepala SMAN 3 Sragen, Beti Marga Sulistyawati mengatakan, pendidikan berlalu lintas telah dintegrasikan dalam kurikulum 2013 melalui pelajaran Pendidikan Kewarganegaan (PKn).

Hal ini berdasarkan MoU antara Kementerian Pendidikan dan Kapolri, dan MoU antara Gubernur Jawa Tengah dan Kapolda Jateng. Untuk itu
pihaknya membuat lapangan ujian praktek SIM C yang diperuntukkan untuk siswa SMA Negeri 3 Sragen agar mereka juga belajar disiplin dalam berlalu lintas.

“Untuk disiplin berlalu lintas salah satunya harus mempunyai SIM C. Kita membangun lapangan ini dengan tujuan untuk keselamatan siswa, di samping mereka juga bisa mengenal pendidikan berlalu lintas. Biar kalian bisa lulus ujian praktek, gunakanlah lapangan ini sebaik-baiknya,” kata Beti dalam memberikan sambutan dalam peresmian Lapangan Ujian SIM C Terampil dan Mandiri’di halaman SMA Negeri 3 Sragen, Senin (24/11).

Sementara itu Wakapolres Sragen, Kompol Yudy Arto Wiyono memberikan apresiasi positif pembangunan lapangan praktek ujian SIM C yang digagas SMA Negeri 3 Sragen tersebut. Menurutnya, untuk mendapatkan SIM C memang memerlukan persyaratan tertentu, seperti minimal harus berusia 17 tahun, memiliki KTP, sehat jasmanai dan lulus ujian praktek.

Kompol Yudy mengatakan, dengan adanya lapangan simulator SIM C tersebut bisa membantu kepolisian dalam menyosialisasikan prantek ujian SIM C kepada pelajar dan masyarakat.

“Ini sangat membantu baik di sekolah dan masyarakat dalam permohonan SIM C agar mereka bisa mendapatkan SIM C yang dinginkan. Dengan ujian ketrampilan ini memastikan kesiapan dari anak-sekolah,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut Wakapolres juga memberikan nama lapangan tersebut dengan ‘Lapangan Ujian SIM C Terampil dan Mandiri’.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge