0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Demokrat Terus Kritisi Kebijakan Jokowi

Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Herman Khaeron (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Herman Khaeron mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan perubahan nomenklatur peluncuran KIS dan KIP, serta menaikkan harga BBM subsidi tanpa konsultasi lebih dulu ke DPR dan penjelasan ke publik. Fraksi Partai Demokrat menyebut Jokowi tidak menjalankan prinsip good governance dalam menjalankan pemerintahannya

“Kami mendukung seribu persen terhadap program-program pro rakyat, namun mekanismenya harus ditempuh dengan baik agar transparan dan akuntabel, serta tidak menjadi persoalan di kemudian hari, meski itu hak prerogatif presiden,” kata Herman dalam pesan singkat, Senin (24/11).

Herman melanjutkan, penggabungan dan penghapusan beberapa kementerian belum dijelaskan arah dan tujuannya. Misalnya, kata dia, kenapa riset dan teknologi, serta pendidikan tinggi digabung jadi Kementerian Ristek Dikti, atau Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah dipisah dengan pendidikan tinggi.

“Kemudian tiba-tiba muncul peluncuran berbagai kartu yang belum dijelaskan secara komprehensif dari mana program itu? Bagaimana dengan pengadaan jutaan kartu? Dari mana anggaran pembuatan kartunya? Apakah sebagai kompensasi kenaikan harga BBM atau melanjutkan pemerintahan sebelumnya, semua ini harus dijelaskan kepada publik,” tegas Ketua DPP Demokrat ini.

Terakhir, kata Herman, Jokowi juga menaikkan harga BBM bersubsidi tanpa penjelasan. Padahal, tahun ini rakyat baru saja dihadapi dengan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) dan bahan bakar gas (BBG).

“Harus ada penjelasan yang utuh atas hal ini yang sesuai dengan perundang-undangan agar ke depan tidak menimbulkan permasalahan,” tutur dia.

“Lebih jauh sebaiknya pengurangan subsidi BBM dibicarakan dulu dengan DPR agar kenaikan harga dan perlindungan sosialnya, serta arah penggunaan penghematannya bisa diputuskan secara legitimit,” imbuhnya. [eko]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge