0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jabatan Dirjen Pajak Dilelang, Kualitas SDM Diragukan

SAMPAIKAN SPT-Seorang wajib pajak (WP) menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) Tahunan kepada petugas Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Purwokerto (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Timlo.net – Ekonom dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Mangasa A Sipahutar menilai proses lelang jabatan dilakukan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk posisi calon Direktur Jenderal (Dirjen) Pajak menggugurkan asumsi bahwa pegawai di Kemenkeu memiliki kompetensi memadai. Dia menilai, sistem ini menunjukkan tak ada sumber daya manusia (SDM) memadai di lingkungan Kemenkeu.

“Dalam kaitan itu, apabila organisasi membuka lowongan kerja atau lelang, maka gugurlah asumsi yang mengatakan bahwa di dalam organisasi itu memiliki SDM yang kompetensinya bagus. Tidak perlu dibuat Pansel (panitia seleksi), kalau ada di lingkungan tersebut yang kompetensinya bagus,” ujarnya di Warung Daun Cikini, Jakarta, Minggu (23/11).

Menurut Mangasa A Sipahutar, proses lelang jabatan untuk sekelas Dirjen Pajak bukan menjadi hal istimewa karena pada dasarnya wajar dilakukan. Namun, satu hal jadi sorotan lantaran proses lelang untuk posisi sekelas Dirjen Pajak.

“Namanya lelang, itu lumrah. Dilakukannya rekrutmen karena tidak ada yang memenuhi persyaratan di dalam. Kalau di sana ada yang berpotensi, sudah tidak tepat lelang jabatan. Walaupun sebetulnya apakah internal atau eksternal tidak jadi persoalan,” jelas dia.

Seperti diketahui, Kementerian Keuangan berencana melaksanakan lelang jabatan direktur jenderal pajak karena Fuad Rahmany pensiun mulai akhir November 2014. Fuad menjabat sebagai direktur jenderal pajak sejak Januari 2011 menggantikan M. Tjiptardjo. [noe]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge