0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Strategi AirAsia Bersaing di Pasar Penerbangan Tunggal ASEAN

Lion AIr dan AirAsia (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Kebijakan pasar bebas ASEAN berlaku tahun depan membuat pelaku usaha harus memutar otak mencari strategi untuk bisa bersaing, termasuk di sektor industri penerbangan.

Maskapai penerbangan asal Malaysia, AirAsia punya strategi menarik konsumen saat pasar penerbangan tunggal ASEAN diberlakukan. Salah satunya meluncurkan pass perjalanan udaranya sendiri atau AirAsia Pass.

Pass ini memungkinkan para pelanggan memesan penerbangan menggunakan kredit telah dibeli dengan harga tetap (fixed-rate) untuk penerbangan menuju beberapa rute di seluruh negara ASEAN.

Menurut CEO Group AirAsia Tony Fernandes, skema dipakai untuk pass ini adalah sistem kredit seperti mata uang asing, sehingga dapat mengurangi kesulitan saat menukar mata uang asing karena harga rute berdasarkan kredit dimiliki.

“Segera diluncurkan secara komersial pada Januari 2015, bertepatan dengan Konferensi Penasihat Perniagaan ASEAN Malaysia (ASEAN Business Advisory Council Malaysia Conference) mengenai Small and Medium Enterprises (SMEs),” ujarnya melalui siaran pers, Jakarta, Minggu (23/11).

Menurut dia, pasar penerbangan tunggal ASEAN (ASEAN Single Aviation Market/ASAM) dipercayai semakin meningkatkan perjalanan udara ke berbagai negara ASEAN dan menarik jumlah wisatawan asing di kawasan ini. Dia yakin strateginya bisa menarik jumlah penumpang AirAsia.

“Cara termudah bepergian di kawasan ASEAN yang dipisahkan oleh perairan luas adalah melalui perjalanan udara, terutama ke negara kepulauan seperti Indonesia dan Filipina. Usaha kami untuk menjadikan perjalanan udara lebih terjangkau telah berjalan dengan baik. Namun demikian, kami akan terus mendorong usaha ini dan ASEAN Pass akan menjadi katalis bagi babak baru perjalanan udara dengan AirAsia,” jelas dia.

Dengan ASEAN Pass dari AirAsia, pelanggan dapat membeli tiket penerbangan menuju 137 rute di seluruh negara ASEAN dengan harga hemat karena dijamin mendapatkan harga terendah. [noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge