0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ada Potensi Calon Titipan dalam Lelang Jabatan Dirjen Pajak

(Ilustrasi) Sosialisasi pajak (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Timlo.net – Ekonom Mangasa A Sipahutar melihat proses lelang jabatan direktur jenderal (dirjen) pajak dilakukan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berpotensi melahirkan pemimpin titipan. Ini bisa saja terjadi jika panitia seleksi (Pansel) tak transparan pada publik.

“Pelelangan itu kan siapapun bisa melamar di situ. Kalau titipan, di mana pun ada titipan. Kenapa? Orang juga punya kepentingan terhadap direktur yang akan dipilih,” ujarnya di Warung Daun Cikini, Jakarta, Minggu (23/11).

Namun, dia tidak memandang buruk calon-calon titipan. Asalkan memiliki kriteria, kredibilitas dan kompetensi dibutuhkan. Setidaknya bisa menjawab tantangan dengan menggenjot penerimaan pajak lebih baik dari sebelumnya.

“Titipan dalam artian kepentingan yang positif tidak masalah menurut saya. Kalau dari perpajakan saya hanya menyoroti banyak kasus penggelapan pajak,” jelas dia.

Banyak kasus penggelapan pajak harus diatasi. Selama ini sistem dijalankan di Direktorat Jenderal Pajak belum maksimal.

“Sehingga orang atau petugas bisa tanpa kendali melakukan penggelapan. Ini bisa diminimalisir dengan sistem, tapi sebaik apapun tetap yang gunakan manusia, sehingga manusianya pun harus baik,” ungkapnya. [noe]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge