0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Logam yang Umum Dipakai Ini Bisa Kurangi Kualitas Sperma

(Ilustrasi) Sperma (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Salah satu logam yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari bisa mengurangi kualitas sperma Anda. Kesimpulan ini berasal dari sebuah penelitian baru yang dilakukan di UK.

Dalam penelitian itu, para pria yang memiliki sperma dalam jumlah rendah memiliki alumunium dalam jumlah yang lebih tinggi di dalam air mani mereka dibandingkan pria yang memiliki jumlah sperma normal. Hal ini menandakan bahwa logam itu mungkin bertanggung jawab terhadap produksi sperma pria.

Alasannya masih belum jelas, tapi para peneliti memiliki teori: Alumunium bisa mengganggu spermatogenesis, yaitu pembentukan sperma dari sel batang, kata pemimpin penelitian Christopher Exley, Ph.D.

Menurut Agency for Toxic Substances and Disease Registry, terpaan alumunium biasanya tidak berbahaya. Tapi logam ini bisa menimbulkan masalah paru-paru pada para pekerja yang menghirup debu alumunium dalam jumlah besar. Logam ini juga dihubungkan dengan munculnya penyakit Alzheimer’s walaupun penelitian memiliki kesimpulan yang saling bertolak belakang.

Karena penelitian ini dilakukan dalam skala kecil, maka penelitian yang lebih besar diperlukan untuk mengetahui apakah alumunium dalam sperma bisa menganggu kesuburan atau dengan kata lain membuat sperma sulit menembus sel telur.

Terpaan manusia terhadap alumunium telah naik dalam beberapa ratus tahun terakhir ini kata para peneliti. Karena Anda bisa menemukan logam ini di manapun, mulai dari peralatan masak hingga antiperspirant juga dalam makanan yang kita makan dan pil yang kita telan. Tapi kita tidak perlu panik terlebih dulu.

“Saya memiliki lebih banyak hal dalam daftar yang lebih patut dikuatirkan dibandingkan alumunium,” kata Raymond Copes, M.D, M.S., seorang associate professor of occupational and enviromental health di University of Toronto, Kanada.

Dan dia menekankan bahwa penelitian ini hanya menemukan hubungan antara alumunium dan jumlah sperma, bukan ukuran kesehatan sperma (seperti bentuk atau gerakan) atau ukuran kualitas lain.

Jadi sebelum ada kesimpulan yang lebih jelas, maka tidak perlu panik. Tapi jika Anda tetap ingin mengurangi alumunium masuk ke dalam tubuh, ingatlah makan makanan olahan mengandung alumunium. Tapi pilihlah makanan alami seperti buah, sayuran dan daging alami (bukan daging kaleng atau sosis).

Sumber: Men’s Health.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge