0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Candi di Jateng Siap Direvitalisasi

(Ilustrasi) Obyek wisata Candi Prambanan (dok,timlo.net/aditya wijaya)

SoloThe Hindu Center of Indonesia (THCI) berencana mengupayakan revitalisasi candi-candi di Jawa Tengah (Jateng). Revitaliasasi berupa upaya ekskavasi candi-candi dan memfungsikan candi sesuai peruntukannya sebagai tempat ibadah dan pariwisata. Hal itu disampaikan President The Hindu Center of Indonesia, Dr.Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III, beberapa saat lalu.

Ngurah Arya Wedakarna berpendapat, paradigma berkembang saat ini adalah candi sebagai tempat wisata saja. Bahkan menurut laporan, banyak umat Hindu dan Budha merasa dihalangi saat hendak beribadah di areal candi.

“Terutama untuk candi-candi yang besar dan peraturan pariwisatanya sangat ketat, umat Hindu merasa dihalangi oleh petugas dan pengelola candi. Misalnya di Candi Prambanan, kalau ada umat Hindu dari Bali akan melakukan sembahyang membawa dupa dan sesajian tidak diperbolehkan,” ungkap anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI itu.

Pihaknya juga menyoroti pelarangan melakukan ibadah di Candi Kimpulan di wilayah Yogyakarta, tepatnya di Universitas Islam Indonesia (UII). Bahkan ada larangan tertulis dari rektor UII untuk tidak melakukan ibadah di candi itu.

“Ini sungguh tidak etis, apalagi UII adalah salah satu universitas swasta tertua di Indonesia yang mempraktikkan pluralisme, sungguh disesalkan hal itu bisa terjadi,” kata Ngurah Arya Wedakarna.

Atas berbagai permasalahan itulah, pihaknya memerjuangkan candi seperti pada fungsinya sesuai implementasi Undang-undang Cagar Budaya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge