0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sosialisasi Hand Hygiens Meriahkan Akhir Pekan Wonogiri

Sosialisasi Hand Hygens dengan joget bersama ()

Wonogiri – Ribuan masyarakat Wonogiri berdesakan sepanjang jalur Jalan Jendral A Yani atau tepatnya dari lampu merah Gudang Seng ke Utara hingga depan Pasar Wonogiri kota, Minggu (23/11). Mereka tampak antusias mengikuti sosialisasi Hand Hygiens digelar RSUD Sudiran Mangun Sumarso (SMS) Wonogiri.

Masyarakat hadir dalam gelaran car free day (CFD) itu antusias mendengarkan pengarahan dari para duta Hand Hygiens tentang pentingnya menjaga kebersihan tangan. Sosialisasi itu, tampak meriah dan relaks karena dibesut dengan game-game menarik perhatian para pengunjung CFD.

“90 persen penyakit, di antaranya diare dan penyakit menular seperti flu dan batuk dapat menular dengan kontak tangan yang kita lakukan. Akibat tidak bersihnya tangan itu, 90 persen penyakit di muka bumi ini menular dari tangan, ditambah lagi dengan tidak tepatnya mencuci tangan,” ungkap Wakil Dirut Pelayanan RSUD SMS Wonogiri, Pratikto Widodo.

Dikatakan, sebagai duta kesehatan Hand Hygiens, para petugas kesehatan RSUD SMS Wonogiri merasa terpanggil dan perlu menyadarkan masyarakat agar lebih waspada dan mengerti menularnya penyakit melalui tangan. Termasuk tata cara menjaga kebersihan tangan dengan baik dan benar.

Sementara Kepala Bidang Pelayanan Medik RSUD SMS Wonogiri, Adi Dharma menandaskan, kegiatan ini digelar sebagai bentuk aksi pelayanan medis di rumah sakit. Betapa pentingnya menjaga kebersihan tangan dengan baik dan benar serta tentunya secara higienis.

“Berbagai penyakit yang ada saat ini, di antaranya tertular atau menyebar melalui tangan manusia yang tidak bersih dan tidak sehat. Penularannyapun tidak hanya saat makan saja, tapi saat berjabat tangan juga risiko penularan penyakit,” tutup dia.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge